Senin, 12 Oktober 2009

ARTIKEL TUGAS AKHIR
“ APLIKASI WEBSITE PADA BATIK BETENG ”
Perkembangan teknologi telekomunikasi dan komputer menyebabkan terjadinya perubahan kultur kita sehari-hari. Dalam era yang disebut “information age” ini, media elektronik menjadi salah satu media andalan untuk melakukan komunikasi dan bisnis. Meskipun penggunaan media elektronik ini belum dimengerti, akan tetapi desakan bisnis menyebabkan para pelaku bisnis mau tidak mau harus menggunakan media elektronik ini.
Pada saat ini, website adalah salah satu sumber informasi yang paling aktual. Banyak perusahaan yang telah menggunakan website sebagai alat untuk mempublikasikan perusahaan dan produk-produknya. Namun tidak sedikit pula perusahaan yang dalam mempublikasikan perusahaannya belum memaksimalkan atau menggunakan sarana website.
Salah satu contoh yang belum memaksimalkan sarana website adalah pada Batik Beteng, sebuah toko yang menyediakan batik, kerajinan, perak dan kaos dagadu. Konsep perkembangan dan kemajuan bergantung pada publikasi, pelayanan dan manajemen. Sehingga, perlu adanya sarana yang dapat menunjuang hal tersebut. Aplikasi Website adalah solusinya.
A. Rumusan Masalah
1. Bagamaimana mempublikasikan perusahaan dan produk koleksinya ?
2. Bagaimana membuat suatu sarana publikasi melalui media internet ?

B. Batasan Masalah
1. Pembuatan website untuk menyajikan informasi profil perusahaan, barang-barang koleksi, berita dan denah secara aktual.
2. Pembuatan website untuk mempublikasikan profil perusahaan, denah, berita dan produk-produk koleksinya.
C. Tunjuan Penelitian
1. Menghasilkan website yang dapat menyajikan data-data mengenai profil perusahaan, denah, berita dan produk-produk koleksinya.
2. Memberikan kemudahan kepada pelanggan atau calon pelanggan dalam mencari atau mendapatkan data profil perusahaan, denah, berita dan produk-produk koleksinya, dengan media internet.
D. Manfaat Penelitian
1. Publikasi perusahaan dan produk koleksinya diberbagai penjuru dunia dengan media internet.
2. Pengunjung disajikan dengan layanan informasi tentang profil perusahaan, denah, berita dan produk-produk koleksinya.
E. Metodologi Penelitian
1. Metode Penelitian
a. Metode Deskriptif
Metode yang pemecahan masalahnya dilakukan dengan cara mendeskripsikan suatu fakta dalam arti yang luas menjadi lebih khusus. Dalam arti menggantikan pencatatan secara manual dengan komputerisasi dan layanan internet agar lebih efektif dan efisien.
b. Metode Eksperimen
Metode dengan melakukan pengujian atau percobaan terhadap data yang diolah pada sistem, sehingga menghasilkan suatu output yang sesuai dengan kebutuhan.
2. Metode Pengambilan Data
• Observasi
Melakukan penelitian langsung pada objek yang diteliti dengan tujuan untuk mendapatkan data-data yang diperlukan.
• Wawancara
Bertanya secara langsung kepada pihak terkait tentang publikasi yang selami ini diterapkan.
• Dokumentasi
Mengumpulkan / mengambil dokumentasi dapat berupa foto / dokumen data dari objek yang diteliti.
3. Metode Perancangan Sistem
• Analisa system, Analisa untuk menentukan input dan output yang diinginkan berdasarkan data yang ada.
• Perancangan Sistem, Pembuatan rancangan program berdasarkan input dan output yang diinginkan.
• Implementasi Sistem, Mengimplementasikan hasil perancangan ke dalam program, selanjutnya setelah program selesai maka akan di uji coba.
• Evaluasi Sistem, Evaluasi dilakukan, setelah diuji coba. Dengan tujuan untuk mengetahui kesalahan atau trouble yang mungkin terjadi, sampai dipastikan system dapat berjalan dengan sempurna.
• Sosialisasi dan Pemeliharaan, Menyosialisasikan dan memelihara system ini secara keseluruhan.
• Penulisan laporan penelitian, Menuliskan hasil dari penelitian, sebagai bukti otentik.
4. Tempat Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan pada Batik Beteng Jalan Brigjend. Katamso No. 274 Telp (0274) 371887 Yogyakarta.
F. Analisis Sistem Informasi
1. Data
Data adalah bahan yang akan diolah atau diproses yang bisa berupa angka-angka, huruf-huruf, simbol-simbol yang menunjukan suatu situasi dan lain-lain yang berdiri sendiri atau merupakan kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata.
2. Sistem
Ada berbagai pendapat yang mendefinisikan pengertian sistem, seperti :
“Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan , berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu”.(Jogiyanto,2005,1).

3. Informasi
Dalam manajemen, informasi merupakan data yang telah diproses sehingga mempunyai arti tertentu bagi penerimanya. Sumber dari informasi adalah Data, menurut Jogiyanto dalam buku ‘Analisis dan desain sistem informasi’ adalah :
“Informasi diartikan sebagai data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya” . (Jogiyanto,2005; 8).
4. Sistem Informasi
Pengertian sistem informasi menurut Robert A. Leitch dan K. Roscoe Davis adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan. (Jogiyanto,2005; 11).
5. Sistem Informasi Manajemen
Menurut Barry E.Cushing, SIM adalah :
‘Suatu sistem informasi manajemen adalah Kumpulan dari manusia dan sumber daya modal di dalam suatu organisasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk mengahasilkan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen di dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian’. (Jogiyanto,2005,14).
Jadi Sistem Informasi Manajemen adalah kumpulan dari interaksi sistem-sistem informasi yang menghasilkan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen.
6. Basis Data
Basis data (database) adalah kumpulan dari berbagai data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Basis data tersimpan di perangkat keras, serta dimanipulasi dengan menggunakan perangkat lunak. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi dari tipe data, struktur dan batasan dari data atau informasi yang akan disimpan.
7. Pengembangan Sistem
Pengembangan sistem dapat berarti menyusun system yang baru untuk menggantikan system lama secara keseluruhan atau memperbaiki sistem yang telah ada.
Gambar 1. Siklus Hidup Pengembangan Sistem
8. Desain Sistem
Desin sistem dapat diartikan sebagai tahap setelah analisis dari siklus pengembang sistem penggambaran, perencanaan dan pembuatan sketsa atau pengaturan dari beberapa elemen yang terpisah kedalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi.
G. Implementasi
Langkah awal yang harus dilakukan dalam membuat aplikasi ini adalah mengupload file – file website ini ke web hosting, walaupun dalam pembuatanya menggunakan localhost dengan menggunakan WampServer. Setelah mengupload dan mendaftarkan website pada salah satu web hosting, kemudian adan mendapatkan nama domain. Untuk membuat dan mengaksesnya diperlukan aplikasi yang dikenal dengan web browser. web browser yang digunakan adalah Mozilla Firefox. Setelah menjalankan mozilla, maka langkah selanjutnya adalah mengetikkan alamat website (nama domain) pada addres bar agar dapat mengakses halaman website ini.
Halaman yang pertama kali akan muncul pada saat pengunjung mengakses website ini adalah halaman home (index). Di halaman ini terdapat beberapa menu yaitu home, profil, koleksi, berita, buku tamu, dan denah. Disamping itu pengunjung juga suguhi dengan interaksi di sebelah kiri berupa polling dan komentar, yang akan selalu muncul disetiap pilihan menu beserta galeri koleksi disebelah atas halaman. Terdapat beberapa informasi yang ada dihalaman home, diantaranya sekilas tentang profil Batik Beteng, koleksi terkini dan berita terkini.

Gambar 2. Halaman Pengunjung Home
H. Kesimpulan
Dari hasil analisis, perancangan dan pembuatan Aplikasi Website pada Batik Beteng, maka dapat ditrik kesimpulan bahwa Dengan adanya Aplikasi Website pada Batik Beteng proses mempublikasikan Batik Beteng dan Koleksi-koleksinya dapat dilakuakn secara efektif dan dengan jangkauan yang sangat luas. Media internet adalah sarana yang paling tepat dalam mempublikasikan Batik Beteng dengan aplikasi website.
I. Saran
Dalam aplikasi website ini masih ditemui berbagai kekurangan, dikarenakan aplikasi ini hanya menampilkan informasi home, profil, koleksi, berita, bukutamu dan denah saja.
Untuk pengembangan lebih lanjut hendaklah ditambahkan beberapa sarana lagi diantaranya sarana untuk penjualan online bagi pengunjung dan beberapa sarana lagi yang dapat menujang Aplikasi Website pada batik Beteng agar lebih sempurna.

0 komentar:

Posting Komentar

 
basisjaka@gmail.com